Perawatan Kolam Renang dengan Sistem Terbaik

February 7, 2020 Erwin Nuryana 0 Comments

Bagi rumah yang dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, tentunya menambah rutinitas Anda yang perlu diperhatikan. Anda harus memerhatikan kebersihan air kolam, dinding kolam, lantai dan area di sekitarnya agar terjaga kebersihan dan kesehatan untuk anda. Sebaiknya di sekitar lantai kolam harus rajin dipel dengan cairan pembersih yang berfungsi sebagai desinfektan. Seperti wipol dan cairan pembersih lainnya, agar kolam renang Anda terbebas dari bakteri dan kuman.

Untuk air pada kolam renang diperlukan perawatan yang teratur agar menjaga kadarnya tetap seimbang sehingga tidak membuat iritasi pada kulit dan mata anda. Cara untuk menjernihkan air kolam renang menggunakan bahan kimia yang sudah umum digunakan. Untuk itu seharusnya anda mengetahui bahan kimia apa saja yang diperlukan dan seberapa sering pemakaian bahan kimia tersebut.

Cara Merawat Air Kolam Renang

Berikut adalah bahan-bahan yang pada umumnya digunakan untuk merawat air kolam renang. Bacalah terlebih dahulu aturan pakai pada label kemasan sebelum menggunakannya. Terdapat banyak merek produk perawatan kolam renang, akan tetapi biasanya bahan aktifnya sama. Perbedaan antara merek produk pembersih kolam yang satu dengan merek produk lainnya adalah kadar bahan aktifnya. Untuk itu Anda harus berhati-hati sebelum membeli dan menggunakannya.

1. Klorin.

Salah satu cara untuk menjernihkan air kolam renang menggunakan bahan klorin. Penggunaan klorin berfungsi untuk mengikat kotoran yang ada pada air kolam sehingga air tetap bersih. Klorin dapat berupa tablet, cairan atau butiran-btiran. Klorin yang berbentuk tablet sering menjadi pilihan karena daya larutnya yang rendah sehingga klorin melarut sedikit demi sedikit dan tahan lama. Sebaiknya penggunaan klorin dimasukkan ke dalam air kolam pada sore hari atau malam hari karena panas matahari bisa menurunkan kadar klorin. Perawatan air kolam renang menggunakan bahan klorin tinggi atau shock treatment dapat digunakan seminggu sekali.

2. Cyanuric Acid.

Bahan kimia cyanuric acid digunakan untuk menyeimbangkan ph dalam air agar klorin dapat berfungsi semaksimal mungkin untuk menjernihkan air kolam renang. PH air yang disarankan adalah sekitar 7,2 hingga 7,8. Cyanuric acid ini biasanya sudah terkandung dalam tablet klorin, namun jika tablet klorin belum mengandung cyanuric acid, anda harus menambahkannya secara terpisah.

3. Algaecide

Algaecide merupakan bahan surfaktan yang berguna untuk mencegah adanya lumut di area kolam renang. Biasanya algaecide ini digunakan pada kolam renang sehari setelah shock treatment.

Pastikan Anda juga mengecek air dalam kolam renang secara rutin memakai alat khusus pengecek air dua kali seminggu dan berkonsultasi dengan kontraktor kolam renang. Tujuannya adalah agar bahan perawatan air dapat bekerja maksimal, untuk mengetahui dosis bahan perawatan yang diperlukan, dan untuk mencegah iritasi kulit dan mata yang biasa terjadi karena kadar pH air terlalu tinggi atau terlalu rendah. Berikut ini apa saja yang perlu dicek dan kadar yang dianjurkan:


Anda harus mengecek dan memastikan air dalam kolam renang secara rutin menggunakan alat khusus pengecek air minggu 2 kali. Hal tersebut bertujuan agar bahan perawatan air dapat bekerja semaksimal mungkin. Agar mengetahui dosis bahan perawatan yang dibutuhkan dan mencegah adanya iritasi pada kulit dan mata yang biasa terjadi karena kadar pH air terlalu rendah atau tinggi. Dosis bahan kimia yang perlu digunakan untuk kolam renang adalah:


1. Chlorine,,kadar normal 1-3 ppm
2. Cyanuric Acid, kadar normal 40-100
3. Alkalinitas, kadar normal 80-120 ppm
4. pH, kadar normal 7,2 – 7,6

Sumber : Kompasiana.com